Nama : Handika
Mata Kuliah : Manajemen
Strategi Pendidikan Ke SD-an
Semester : 1
A. Pengertian Manajemen
Strategi Menurut Para Ahli
1. Ketchen (2009)
Ketcher mendefinisikan
analisis manajemen strategis, keputusan dan tindakan oleh perusahaan untuk menciptakan
dan mempertahankan keunggulan kompetitif.
a. Intisari dari definisi diatas
Definisi ini menggambarkan
dua elemen utama manajemen strategis. Pertama, manajemen strategis dari
perusahaan yang terkait dengan proses yang berjalan (proses yang
berkelanjutan): analisis, keputusan dan tindakan.
b. Analisis
Manajemen strategis ini sangat penting
bagi perusahaan dalam menciptak dan mempertahankan keunggulan atau kelebihan
dari perusahaan untuk mencapai sasaran perusahaan.
2. Menurut David (2011:5)
Manajemen strategis dapat didefinisikan
sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta
mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah
organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk
mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan atau akuntansi, produksi atau
operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi komputer untuk
mencapai keberhasilan organisasional.
a.
Inti dari definisi diatas
Manajemen strategis adalah sebagai seni atau ilmu pengetahuan dalam merumuskan,
mengimplementasikan, serta evaluasi terhadap berbagai keputusan lintas
fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan.
b. Analisis
Manajemen strategis berfokus
kepada proses penetapan tujuan sebuah organisasi, membuat dan mengembangkan
kebijakan dan perencanaan untuk mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber
daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.
3. Nawawi (2000)
Manajemen strategi adalah
Perencanaan berskala besar (disebut perencanaan strategis) yang berorientasi
untuk mencapai masa depan yang jauh (disebut visi), dan didefinisikan sebagai
keputusan pemimpin tertinggi ini (keputusan yang fundamental dan pokok), sehingga
memungkinkan organisasi untuk berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam
upaya untuk menghasilkan sesuatu (perencanaan operasional untuk menghasilkan
barang dan / atau jasa serta layanan) kualitas, optimasi diarahkan pada
pencapaian tujuan (disebut tujuan strategis) dan sasaran (tujuan operasional)
organisasi.
a. Intisari dari definisi diatas
Manajemen strategi adalah suatu
proses pengambilan keputusan dan tindakan yangmengarah kepada pengembangan
strategi yang efektif atau yang membantu perusahaan mencapai tujuannya.
b. Analisis
m.anajemen strategis merupakan
bagian fundamental dari strategi korporat adalah keputusan mengenai arena
bisnis yang akan di masuki atau di tinggalkan oleh perusahaan
4. J. David Hunger (2011)
“Strategic Management is
that a set of managerial decisions and actions that determines the long-run
performance of a corporation”, dan jika diterjemahkan secara bebas maka
Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang menentukan
kinerja perusahaan dalam jangka panjang manajerial.
a. Intisari dari definisi diatas
Keputusan dan tindakan yang diambil manajemen
strategi ini bersifat berkelanjutan, dimana hal bertujuan agar suatu perusahaan
dapat berkembangan dan tumbuh menjadi perusahaan yang kuat yang memiliki
keuangan yang sehat dan bisnis yang tepat. Oleh karena itu manajemen strategi
sangat berpengaruh pada masa depan perusahaan dalam menentukan sasaran untuk
mencapai tujuan perusahaan.
b. Analisis
Penentuan keputusan dan tindakan yang diambil
dalam manajemen suatu perusahaan akan sangat berpengaruh pada masa depan
perusahaan.
5.
Menurut Bambang Haryadi (2003),
pengertian manajemen
strategi adalah sebuah proses yang disusun secara sistematis oleh manajemen
untuk merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, dan melakukan evaluasi
terhadap strategi yang dijalankan. Semua rangkaian kegiatan tersebut bertujuan
untuk mewujudkan visi dan misi sebuah organisasi.
a. Intisari dari definisi diatas
manajemen strategi adalah serangkaian
keputusan manajerial dan berbagai kegiatan yang menentukan keberhasilan
perusahaan untuk jangka panjang. Kegiatan tersebut termasuk perumusan/
perencanaan strategi, pelaksanaan/ implementasi strategi, dan evaluasi.
b. Analisis
sebuah proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai untuk
merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik
untuk mewujudkan visi organisasi.
B.
Kesimpulan
Manajemen strategi -
adalah suatu proses pengambilan keputusan dan tindakan yangmengarah kepada
pengembangan strategi yang efektif atau yang membantu perusahaan mencapai
tujuannya. Manajemen Strategik adalah suatu rangkaian aktivitas terhadap
pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan komprehensif, dan disertai
dengan penetapan cara aplikasinya yang dibuat oleh pimpinan dan juga
dilaksanakan oleh seluruh pihak-pihak yang terlibat di dalam suatu perusahaan
dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
DAFTAR PUSTAKA
David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1.
Edisi 12 Jakarta.
Nawawi, Hadari. (2000). Manajemen Strategik Organisasi
Non Profit Bidang Pemerintah dengan Ilustrasi Bidang Pendidikan. Yogyakarta:
UGM Press
Wheelen, Thomas L., Hunger, J. David.
2010. Strategic Management and Business Policy Achieving Sustainability.
Twelfth Edition. Pearson. Terjemahan, Salemba Empat Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar