Selasa, 25 April 2023

Materi Manajemen Strategi Pendidikan Ke SD-an (S2 Pendidikan Dasar)

 

Nama              : Handika

Mata Kuliah  : Manajemen Strategi Pendidikan Ke SD-an

Semester         : 1

 

A.    Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

1.     Ketchen (2009)

Ketcher mendefinisikan analisis manajemen strategis, keputusan dan tindakan oleh perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

a.     Intisari dari definisi diatas

Definisi ini menggambarkan dua elemen utama manajemen strategis. Pertama, manajemen strategis dari perusahaan yang terkait dengan proses yang berjalan (proses yang berkelanjutan): analisis, keputusan dan tindakan.

b.     Analisis

Manajemen strategis ini sangat penting bagi perusahaan dalam menciptak dan mempertahankan keunggulan atau kelebihan dari perusahaan untuk mencapai sasaran perusahaan.

2.     Menurut David (2011:5)

Manajemen strategis dapat didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan atau akuntansi, produksi atau operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasional.

a.     Inti dari definisi diatas

Manajemen strategis adalah sebagai seni atau ilmu pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta evaluasi terhadap berbagai keputusan lintas fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan.

b.     Analisis

Manajemen strategis berfokus kepada proses penetapan tujuan sebuah organisasi, membuat dan mengembangkan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.

3.     Nawawi (2000)

Manajemen strategi adalah Perencanaan berskala besar (disebut perencanaan strategis) yang berorientasi untuk mencapai masa depan yang jauh (disebut visi), dan didefinisikan sebagai keputusan pemimpin tertinggi ini (keputusan yang fundamental dan pokok), sehingga memungkinkan organisasi untuk berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam upaya untuk menghasilkan sesuatu (perencanaan operasional untuk menghasilkan barang dan / atau jasa serta layanan) kualitas, optimasi diarahkan pada pencapaian tujuan (disebut tujuan strategis) dan sasaran (tujuan operasional) organisasi.

a.     Intisari dari definisi diatas

Manajemen strategi adalah suatu proses pengambilan keputusan dan tindakan yangmengarah kepada pengembangan strategi yang efektif atau yang membantu perusahaan mencapai tujuannya.

b.     Analisis

m.anajemen strategis merupakan bagian fundamental dari strategi korporat adalah keputusan mengenai arena bisnis yang akan di masuki atau di tinggalkan oleh perusahaan

4.     J. David Hunger (2011)

“Strategic Management is that a set of managerial decisions and actions that determines the long-run performance of a corporation”, dan jika diterjemahkan secara bebas maka Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang manajerial.

a.     Intisari dari definisi diatas

Keputusan dan tindakan yang diambil manajemen strategi ini bersifat berkelanjutan, dimana hal bertujuan agar suatu perusahaan dapat berkembangan dan tumbuh menjadi perusahaan yang kuat yang memiliki keuangan yang sehat dan bisnis yang tepat. Oleh karena itu manajemen strategi sangat berpengaruh pada masa depan perusahaan dalam menentukan sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

b.     Analisis

Penentuan keputusan dan tindakan yang diambil dalam manajemen suatu perusahaan akan sangat berpengaruh pada masa depan perusahaan.

 

5.     Menurut Bambang Haryadi (2003),

pengertian manajemen strategi adalah sebuah proses yang disusun secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, dan melakukan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan. Semua rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi sebuah organisasi.

a.     Intisari dari definisi diatas

manajemen strategi adalah serangkaian keputusan manajerial dan berbagai kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan untuk jangka panjang. Kegiatan tersebut termasuk perumusan/ perencanaan strategi, pelaksanaan/ implementasi strategi, dan evaluasi.

b.     Analisis

 sebuah proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai untuk merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi.

B.    Kesimpulan

Manajemen strategi - adalah suatu proses pengambilan keputusan dan tindakan yangmengarah kepada pengembangan strategi yang efektif atau yang membantu perusahaan mencapai tujuannya. Manajemen Strategik adalah suatu rangkaian aktivitas terhadap pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan komprehensif, dan disertai dengan penetapan cara aplikasinya yang dibuat oleh pimpinan dan juga dilaksanakan oleh seluruh pihak-pihak yang terlibat di dalam suatu perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Nawawi, Hadari. (2000). Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintah dengan Ilustrasi Bidang Pendidikan. Yogyakarta: UGM Press

Wheelen, Thomas L., Hunger, J. David. 2010. Strategic Management and Business Policy Achieving Sustainability. Twelfth Edition. Pearson. Terjemahan, Salemba Empat Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar